Apa Itu Hipertensi?

Hipertensi adalah kondisi di mana seseorang memiliki tekanan darah lebih tinggi dari 140/90 milimeter merkuri (mmHG). Angka 140 mmHG merupakan bacaan sistolik,yaitu pada saat jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Sedangkan, untuk angka 90 mmHG merupakan bacaan pada diastolik, yang mana adalah ketika jantung dalam keadaan rileks sembari mengisi ulang bilik-biliknya dengan darah.

Apakah kaliah tahu berapa seharusnya tekanan darah normal?

Memahami angka tekanan darah normal tidaklah mudah terutama bagi kita yang tidak tahu menahu tentang kesehatan, apalagi kita dihadapkan dengan istilah seperti “sistolik”, “diastolik”, dan “milimeter merkuri” (mmHg). Namun, jika kita ingin menjaga tekanan darah tetap terkontrol, kita haru  mengetahui apa yang dianggap normal, dan kapan tekanan darah dikatakan terlalu tinggi alias hipertensi atau sebaliknya.

Tekanan darah manusia normal berkisar di angka 120/80 mmHG. Saat angka sistolik dan diastolik berada di kisaran ini, maka kita mempunyai  tekanan darah normal. Seseorang baru dikatakan menghidap atau memiliki darah tinggi atau hipertensi jika hasil pembacaan pada tekanan darahnya menunjukkan angka 140/90 mmHG. Tekanan darah yang terlalu tinggi inilah yang akan menyebabkan terganggunya sirkulasi darah. Nah terlebih lagi jika dari kalian pada saat pemerikasaan tekanan darah dan pembacaan tekanan darah kalian berada di atas 180/110 mmHg, Anda berisiko menghadapi masalah kesehatan yang sangat serius. Angka ini menunjukkan kondisi yang disebut krisis hipertensi. Terkadang, jika tekanan darah kita sampai setinggi ini, dokter biasanya akan mengukur kembali setelah beberapa menit untuk memastikan. Akan tetapi jika masih sama tingginya, Anda akan segera diberi obat darah tinggi darurat.

Seberapa umumkah hipertensi (tekanan darah tinggi)?

Hipertensi adalah merupakan salah satu penyakit yang sering disebut dengan  “silent killer” karena penyakit ini tidak menyebabkan gejala dengan jangka yang panjang. tetapi, penyakit ini dapat mengakibatkan beberapa macam komplikasi yang mengancam atau membahayakan nyawa layaknya penyakit jantung.

Jika tidak terdeteksi dini dan terobati tepat waktu, hipertensi dapat mengakibatkan komplikasi serius penyakit jantung koronergagal jantungstrokegagal ginjal, kebutaan, diabetes, dan banyak penyakit berbahaya lainnya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *