Berbagai Wisata Ada Di Ciamis

Untuk kali pertama menjelajahi kabupaten Ciamis traveler tentu tidak akan melewatkan Situ Lengkong Panjalu tentunya, sebuah destinasi yang menggabungkan antara rekreasi dan juga wisata budaya. Dikatakan seperti itu karena traveler yang datang ke danau ini akan disuguhi dengan pemandangan nan indah situ yang punya pulau di tengahnya bernama Nusa Larang. Berita Ciamis pada kesempatan kali ini akan mengajak para traveler semua untuk menjelajahi pesona wisata kabupaten Ciamis yang berada di Jawa Barat. Akan tetapi sebelumnya akan kita perkenalkan dulu selayang pandang mengenai kabupaten yang satu ini. Ciamis merupakan salah satu kabupaten yang berada di posisi paling timur dari Provinsi Jawa Barat dan wilayahnya di sisi timur berbatasan dengan kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Kabupaten Ciamis sendiri juga dikenal sebagai salah satu wilayah yang paling banyak mengalami pemekaran Di tahun 2002 kecamatan Banjar juga secara resmi menjadi kota otonom dan berdiri sendiri yang kemudian dikenal sebagai kota Banjar sampai saat ini. Sepuluh tahun berselang kawasan Pangandaran juga turut dimekarkan sehingga terbentuklah kabupaten yang bernama Pangandaran. Terbentuknya kabupaten di sebelah selatan ini praktis menjadikan kabupaten Ciamis kini tidak memiliki garis pantai. Pada kesempatan ini kami akan mengajak kalian untuk mengunjungi destinasi wisata menarik di kabupaten yang berada di Ciamis dan sekitarnya yang mana kita masih akan memasukkan destinasi di kabupaten Pangandaran ke dalam daftar.

Selain melihat banyak situs peninggalan Kerajaan Galuh, kamu yang berkunjung juga menyempatkan diri untuk berfoto di depan Gong Perdamaian. Wisata budaya yang dapat ditemukan traveler pada Situ Lengkong ialah adanya sejarah dari Kerajaan Panjalu yang menjadi cikal bakal berita ciamis dan juga kawasan tersebut. Di pulau tengah danau tersebut juga terdapat makam Hariang Kencana, putra dari Hariang Borosngora. Pada tempat ini juga pada saat – saat tertentu diadakan semacam upacara adat bernama Nyangku yang dimana pada saat itu benda-benda pusaka akan dibersihkan melalui upacara adat tersebut. Situ Lengkong tersebut berada di kecamatan Panjalu, kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Terbentuknya daerah Ciamis ini tidak lepas dari sejarah Kerajaan Galuh yang menjadi cikal bakal daerah ini. Karena itu tidak heran jika di kabupaten ini banyak sekali ditemukan situs peninggalan dari jaman kerajaan tersebut. Salah satu yang wajib kamu kunjungi adalah Situs Karangmulyan atau disebut juga dengan Ciung Wanara. Ciung Wanara adalah sebuah situs purbakala dan arkeologi yang terletak di desa Karangmulyan, kecamatan Cijeungjing, kabupaten Ciamis. Situs yang bercorak Hindu-Budha tersebut adalah peninggalan dari Kerajaan Galuh. Sangat mudah untuk menjangkau area wisata seluas 25 hektar ini karena memang posisinya berada di jalan nasional Ciamis – Banjar – Pangandaran atau berjarak setidaknya 7 kilometer dari Kota Banjar ke arah selatan.

Dan inilah destinasi wisata yang cocok untuk traveler kunjungi jika merindukan suasana tenang dengan suasana udara pegunungan yang begitu sejuk. Tidak jauh dari pusat kota Ciamis ada obyek wisata mewah yang bisa memanjakan traveler yaitu Mega Wisata Icakan atau dikenal juga sebagai Waterpark Icakan. Taman rekreasi air ini disebut-sebut sebagai yang termegah dan terbesar di kawasan timur Jawa Barat yang dimana seluruh taman ini berada di lahan seluas 70 hektar. Air terjun di kampung Nanggela, desa Sandingtaman, yang berada di kecamatan Panjalu, kabupaten Ciamis ini bernama Curug Cibolang. Akan tetapi obyek wisata alam ini juga memiliki julukan lain yaitu Curug Tujuh yang kemudian membuat banyak traveler lebih suka menyebutnya dengan Curug Tujuh Cibolang. Tentu penamaan ini tidak lepas dari jumlah terjunan air yang jumlahnya 7 dan berada saling berdekatan. Curug Tujuh Cibolang berjarak 35 kilometer dari pusat kota Ciamis ke arah utara dan 5 kilometer dari pusat kota kecamatan Panjalu. Berita Ciamis ini terutama Curug Tujuh Cibolang semakin luas dikenal hingga sampai saat ini. Ketujuh terjunan air di curug ini pun memiliki nama masing-masing antara lain Curug Satu, Curug Dua, Curug Tiga, Curug Cibolang, Curug Cimantaja, Curug Cileutik dan Curug Cibuluh.

Dikenal sebagai Kampung Adat Kuta, yang dimana masyarakatnya memegang teguh budaya tabu terhadap sesuatu yang baru. Salah satu yang paling menonjol adalah mereka sangat bersemangat dalam melestarikan hutan dan mempertahankan kelestarian mata air serta pohon aren sebagai sumber kehidupan. Meskipun demikian warga di kampung adat ini cukup terbuka dengan kunjungan wisatawanwan local dan internasional. Untuk masalah tiket masuk ke kawasan wisata mewah ini ternyata cukup murah meriah, tidak sampai 10 ribu rupiah saja traveler sudah bisa menikmati keindahan Mega Wisata Icakan. Namun jika mereka mau mencicipi setiap wahana yang ada akan dikenakan biaya tambahan yang nominalnya bervariatif tentunya. Beberapa wahana seru yang bisa kamu coba antara lain waterboom, flying fox, sepeda air, cinema 3D&4D serta masih banyak lagi. Dari mulut kemulut berita ciamis dan segudang wisatanya menjadikan ciamis begitu dikanal. Buktikan sendiri keseruannya dengan berkunjung langsung ke alamat Kampung Cikacang, Desa Sukamulya, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis. Mendengar nama Kuta yang terbersit dalam pikiran kita pasti langsung tertuju pada pantai yang ada di Pulau Bali. Tapi Kuta yang satu ini letaknya di Pulau Jawa lebuh yang berada di Desa Karangpaningal, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Tempat ini wajib ada dalam list traveller saat liburan di Ciamis karena memang di sinilah traveler akan menemukan kehidupan masyarakat yang masih menjunjung tinggi kearifan lokal dan budaya nenek moyang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *