Nahesas
Blog Berbagi Informasi

Gejala Umum Flu Singapura, Penyakit Hand, Foot, Mouth Disease

eddye~January 11, 2020 /Kesehatan

Apa itu Flu Singapura? Dan apa gejala umum Flu Singapura? Di luar negeri, penyakit ini disebut juga dengan hand, foot, mouth disease karena anak-anak yang terkena penyakit ini biasanya mengalami ciri sakit pada mulut dan memiliki ruam di kaki dan tangan. Flu Singapura ini termasuk flu yang menular. Disebabkan karena berbagai macam jenis bakteri dan virus, salah satunya adalah enterovirus. Walaupun penyakit ini digolongkan menjadi penyakit yang tidak berbahaya, dan tidak memerlukan perawatan khusus, namun ada kemungkinan dapat menyebabkan komplikasi walaupun kasusnya sangat langka.

Flu Singapura kebanyakan menyerang bayi dan balita. Meskipun begitu, anak-anak dan orang dewasa juga bisa terkena penyakit ini. Pada puncaknya, penderita Flu Singapura mengalami bintil-bintil berair dan sariawan yang terjadi di dalam mulut. Bintil-bintil tersebut juga muncul di area bokong, lutut, siku, dan lain-lain. Untuk mengetahui gejala awal penyakit Flu Singapura ini, perhatikan uraiannya berikut.

Berikut ini Gejala Umum Flu Singapura

Sebelum menunjukkan gejala-gejala virus Flu Singapura terlebih dahulu mengalami masa inkubasi 3 sampai 6 hari. Setelah itu, barulah flu ini memunculkan gejala-gejala sebagai berikut. 

Demam

Gejala umum Flu Singapura yang terjadi biasanya didahului dengan demam. Demam yang terjadi karena virus mulai menyerang sistem kekebalan tubuh. Pusing, suhu tubuh naik adalah tanda-tanda saat demam sudah mulai menyerang.

Sakit Tenggorokan

Setelah mengalami demam, penderita kemudian merasa sakit pada tenggorokannya. Ini terlihat seperti penyakit radang namun radang tidak dibarengi dengan demam. Jika Anda mengalami dua gejala ini sebaiknya segera periksa ke dokter untuk mendapatkan diagnosa.

Hilang Nafsu Makan

Gejala ketiga pada penderita Flu Singapura adalah hilangnya nafsu makan akibat sakit tenggorokan dan demam. Hilangnya nafsu makan akan membuat tubuh semakin lemah karena kurangnya asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Jika sudah pada tahap ini sebaiknya Anda segera pergi ke dokter.

Muncul Sariawan

Sariawan memang bukanlah sesuatu yang berbahaya. Umumnya terjadi ketika seseorang sedang panas dalam atau tidak terlalu menjaga kebersihan mulut. Namun, ketika sariawan muncul setelah gejala-gejala yang terjadi di atas, mungkin harus diwaspadai. Pada Flu Singapura ini, sariawan yang muncul ada pada gusi, pipi bagian dalam, dan lidah.

Muncul Ruam Merah

Munculnya ruam-ruam merah menjadi gejala umum Flu Singapura yang pasti terjadi. Ruam-ruam merah tidak seperti biasanya. Ruam-ruam yang muncul berbeda dari ruam akibat gigitan nyamuk atau alergi. Ruam berwarna merah dan kelihatan melepuh pada bagian yang parah. Terkadang mengeluarkan cairan. Ruam-ruam ini muncul pada daerah telapak tangan, telapak kaki, dan bokong. Jika gejala ini sudah muncul dibarengi gejala-gejala yang lainnya maka sudah dipastikan bahwa penderita mengalami Flu Singapura.

Batuk

Dikarena sakit tenggorokan yang dialami penderita, biasanya penderita juga mengalami batuk-batuk. Bahkan sakit tenggorokan yang menimpa membuat penderita kesakitan saat makan, minum, bahkan untuk menelan obat.

Nyeri Perut

Nyeri perut juga terjadi pada penderita Flu Singapura. Nyeri perut juga akibat kurangnya nafsu makan sehingga tidak banyak makanan yang masuk ke perut. Hal ini membuat nyeri perut terjadi. 

Gejala-gejala di atas tidak terjadi dalam satu waktu namun biasanya terjadi selama 1-2 hari setelah itu baru beralih ke gejala selanjutnya. Diharapkan Anda segera pergi ke dokter jika mengalami gejala-gejala Flu Singapura seperti di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *