Mengenali Jenis Alergi Anak, Moms Harus Tahu Ya!

Moms harus tahu bahwa pada dasarnya jenis alergi anak ini pada dasarnya bisa berbeda – beda, antara satu anak dengan yang lain. Untuk mengenalinya, moms harus simak baik – baik ulasan yang akan kami bagikan berikut ini. Alergi pada dasarnya merupakan reaksi berlebihan dari sistem kekebalan tubuh anak yang biasanya dipicu oleh alergen. Sistem kekebalan tubuh ini nanti akan melakukan penyerangan pada alergen, yang kemudian bisa sebabkan munculnya gejala – gejala pada tubuh. Reaksi alergi pada anak tersebut bisa saja jadi sangat serius, atau bahkan membahayakan nyawa.

Penting sekali untuk Anda tahu bahwa jika salah satu orangtua ternyata diketahui memiliki alergi, maka hal ini akan meningkatkan kemungkinan alergi pada anak sekitar 40% – 50%. Meskipun demikian belum tentu jenis penyebab alergi pada anak dan orangtua akan sama. Apabila kedua orangtua alami alergi, kemungkinan anak alami alergi akan meningkat hingga 80%.

Mengenali Jenis Alergi Anak yang Harus Diketahui

Alergi pada kulit

Menjadi salah satu organ tubuh terbesar dan bagian dari sistem kekebalan tubuh yang bisa bereaksi pada alergen, gejala alergi anak satu ini bisa saja terlihat seperti eksim, yakni ada bagian kulit yang terlihat merah, kering, gatal, juga bersisik. Tidak hanya itu saja, gejala alergi kulit pada anak tersebut juga bisa berupa biduran, mulai dari titik kecil hingga yang jauh lebih besar.

Alergi pada makanan

Gejala gangguan usus seperti diare yang berulang atau pun keluhan kram di perut bisa saja jadi pertanda alergen. Selain hal tersebut jenis alergi ini juga bisa diikuti dengan sakit kepala, lelah berlebih, gelisah, dan gangguan mood. Banyak sekali jenis makanan penyebab alergi pada anak, seperti telur, kacang – kacangan, ikan, susu, gandum, kedelai, kerang, dan jeruk.

Alergi pada hidung

Lalu khususnya untuk jenis alergi yang berikut ini, biasanya dokter baru bisa mendiagnosis anak yang alami alergi tersebut setelah usianya menginjak 4 tahun ke atas. Alasannya, dibutuhkan waktu beberapa tahun sebelum akhirnya anak tersebut benar – benar alami alergi. Tetapi kerap kali di usia 2 – 3 tahun anak sudah terlihat alamia alergi pada hidungnya. Gejala paling umum dari jenis alergi satu ini adalah hidung yang terasa gatal dan berair, hidung sering bersin, hidung tersumbat, batuk berulang, mata memerah, dan berair, bernafas lewat hidup ketika tidur, kelelahan yang berlebih saat kurang tidur, dan lingkaran gelap di bagian bawah mata.

Alergi binatang peliharaan

Beberapa anak memang ada yang alami alergi pada binatang peliharaan. Meksipun sebetulnya pemicu dari alergi satu ini disebabkan oleh air liur, sel kulit mati, urin, dan bulu dari binatang tersebut. Gejala paling umum terjadi adalah saat anak bersin – bersin setelah bermain atau pun memegang binatang peliharaan. Agar anak bisa terhindar dari jenis alergi satu ini maka butuh waktu sekitar 1 tahunan setelah binatang tersebut benar – benar jauh dari keberadaannya. Yang demikian ini dikarenakan sel kulit mati binatang peliharaan bisa saja bertahan hingga 1 tahunan sebelum akhirnya benar – benar hilang.

Apabila Anda sebagai orangtua memang tidak tahu jenis alergi yang sedang dialami oleh si kecil, maka Anda disarankan untuk mengkonsultasikan masalah ini dengan dokter. Lalu untuk bisa memastikannya dokter biasanya akan melakukan tes kulit atau tes darah, dengan begitu akan diketahui tingkat antibody igE dalam darah.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang mengenali jenis alergi anak. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *