Nutrisi Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil

 

Tahukah anda otak dan sistem saraf bayi mulai terbentuk sejak dalam kandungan. Tepatnya tiga minggu setelah terjadinya pembuahan. Perkembangan otak dan saraf bayi akan berlangsung lebih cepat saat kandungan berusia 24-42 minggu. Sementara itu, pertumbuhan janin akan lebih signifikan saat berusia 34 minggu.

Peran asupan nutrisi dalam hal ini sangat penting untuk DHA dan perkembangan otak janin dan sistem sarafnya. Ada beberapa makanan wajib dikonsumsi disebut dengan superfood atau makanan kaya nutrisi. Berikut ini sumber nutrisi wajib dikonsumsi ibu hamil.

5 Nutrisi Wajib Untuk Ibu Hamil

  1. Kandungan DHA dari Ikan Berlemak

Jenis ikan berlemak yang aman dikonsumsi dan bebas merkuri diantaranya ikan sarden, ikan tuna, ikan salmon, dan lainnya. Disinyalir kaya dengan DHA atau asam docosahexaenoic yang berperan penting membantu perkembangan kematangan otak dan sistem saraf janin.

Mengkonsumsi ikan memang sangat dianjurkan. Tetapi anda harus berhati-hati karena ada beberapa jeni ikan yang mudah terkontaminasi merkuri, seperti ikan sarden, ikan hiu, dan jenis lain. Mengkonsumsi ikan segar dan berlemak tujuannya untuk mencukupi Vitamin D pada ibu hamil. Sangat direkomendasikan miniman 2 kali seminggu mengkonsumsi ikan berlemak.

  1. Asam Folat dari Bayam

Anda bisa memperoleh sumber asam folat alami yang berasal dari dalam bayam. Asam folat fipercaya dapat membantu memproduksi DNA sekaligus mengatur metabolisme pada sel otak. Disamping itu, bayam mengandung antioksidan yang dapat melindungi jaringan otak janin. Minimal para ibu hamil memperoleh 400mcg folat setiap hari.

  1. Zat Besi dan Kalsium

Selanjutnya pentingnya asupan kalsium selama kehamilan karena berpengaruh dalam menetralisir zat kimia yang bekerja dalam otak dan saraf. Disamping itu, zat besi akan memproduksi myelin yang betugas pengiriman pesan ke otak janin lebih akurat dan cepat. Dokter merekomendasikan ibu hamil memperoleh asupan zat besi minimal 14.8 mg per hari.

  1. Kolin dari Telur

Selanjutnya adalah Kolin yang diperoleh dengan mengkonsumsi telur. Kolin dapat membantuk perkembangan otak dan pertumbuhan memori pada janin. Sejak memasuki usia kehamilan trimester pertama sebaiknya mendapatkan kandungan kolin 450 mg setiap hari.

  1. Yogurt dari Yodium

Kekurangan yodium saat mengandung akan berpengaruh pada anak, terutama perkembangan kesehatan mental anak. Gangguan ini dapat dicegah melalui konsumsi yogurt. Sebaiknya memilih yogurt yang mengandung yodium dan protein karena bermanfaat saat kehamilan. Minimal para ibu hamil harus mencukupi kebutuhan 140 mcg yodium dan protein setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *