Pengobatan Sederhana Terhadap Mata Kering Menggunakan Insto Dry Eyes

Tidak banyak orang yang tahu bahwa gejala mata sepet merupakan indikasi mata mengering. Kondisi mata mengering ini memang sering dialami oleh para lansia berusia di atas 50 tahun. Namun, belakangan ini mata mengering bisa menyerang anak berusia 10 tahun. Penyebaran risiko ini selain masalah genetik juga dikarenakan kondisi lingkungan serta aktivitas sehari-hari.

Di era serba canggih seperti sekarang, terbukti dengan kehadiran perangkat gawai, AC di setiap rumah, hingga penggunaan alat pemanas ruangan menjadi faktor penyebab mata kering. Anda mungkin belum sadar jika kegiasaan menatap gawai terlalu lama atau berada di ruangan ber-AC serta ruangan dengan mesin pemanas bisa memicu kondisi mata mengering. Apabila Anda belum paham betul, setidaknya melalui artikel ini Anda akan mendapatkan informasi.

Perlu diketahui jika mata dilindungi oleh sebuah lapisan cairan, tepatnya adalah selaput air mata. Fungsi dari selaput air mata adalah menjernihkan dan melembapkan maa ketika berkedip. Apabila terjadi gangguan di selaput air mata ini, risiko mata mengering meningkat. Biasanya gangguan mata mengering berhubungan dengan menurunnya produksi cairan di kelenjar air mata. Selain karena gangguan selaput air mata, mata yang kering pun bisa disebabkan kualitas air mata yang tidak bagus. Jika sudah begitu, Anda akan merasakan mata lelah, gatal, dan terasa panas.

Berbagai jenis obat pun bisa memicu meningkatnya risiko mata mengering, seperti obat tidur, antihistamin, dan obat tekanan darah tinggi (diabetes). Selama mengidap masalah mata mengering, gejalan yang sering dialami cukup beragam dan muncul sesudahnya, seperti:

  • Mata gatel.
  • Mata mudah lelah ketika digunakan untuk melihat objek.
  • Mata perih.
  • Air mata sering mengalir.
  • Sensitif terhadap cahaya karena tidak bagian mata tidak mampu menyaring dengan baik.
  • Kesulitan ketika akan mengenakan lensa kontak.
  • Mata mudah terkena iritasi karena terpapar angin ataupun asap.
  • Mata sering mengeluarkan kotoran dan lendir yang terlihat berserabut.
  • Mata terasa terbakar dan tersengat di area luar.

Apabila Anda mengalami gejala di atas, maka harus melakukan pengobatan untuk mengurangi gejala mata mengering. Cara mengurangi gejala tersebut, adalah:

  • Anda bisa menggunakan Insto Dry Eyes yang didapat di apotek. Namun, jangan sampai Anda menggunakan obat tetes mata khusus mata merah karena malah memperparah gejala mata mengering. Sebisa mungkin gunakan obat tetes yang tidak ada kandungan bahan pengawet. Apabila mata cenderung kering setiap malam, gunakan obat mata berbentuk gel sebelum pergi tidur.  Misalkan menggunakan obat tetes mata, setidaknya gunakan 1-2 tetes ke dua mata sebanyak tiga kali sehari.
  • Selain menggunakan obat tetes mata sebaiknya Anda menghindari terpaan angin yang langsung ke mata. Dan ingat, kegiatan mengeringkan rambut menggunakan mesin pengering bisa memperparah kondisi mata. Selama proses penyembuhan setidaknya Anda harus menghindari penggunaan penyejuk udara, kipas angin, hairdryer, dan lain sebagainya.
  • Pengobatan terbaik yang bisa Anda lakukan adalah sering berkedip, terutama ketika fokus menatap layar gawai dalam jangka waktu lama.
  • Jangan membiasakan diri menggosok mata yang sedang kelilipan maupun gatal.
  • Gunakan kacamata ketimbang kontak lensa. Ketika Anda berenang, jangan lupa untuk menggunakan kacamata renang agar tidak memperparah kondisi mata.

Selesai sudah informasi yang bisa kami sampaikan mengenai cara sederhana mengobati mata mengering. Semoga artikel ini membantu Anda mengatasi gejala mata yang perih karena kering. Kalau sudah sembuh, maka bye mata kering!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *