Ragam Pilihan Alarm Motor Berdasarkan Cara Kerjanya

Angka pencurian kendaraan bermotor di Indonesia kian lama memang kian mengalami peningkatan, bahkan sekarang ini pencuri tidak pandang bulu dengan hanya mengambil motor di parkiran atau tempat umum saja, melainkan mereka juga berani masuk kedalam rumah dan membawa kabur kendaraan yang disimpan dalam bagasi. Sebagai bentuk perlindungan maka banyak kemudian yang memutuskan untuk pasang alarm motor pada kendaraan mereka. Sarana yang satu ini pastinya bukan hal baru lagi bagi Anda mengingat sebelum ditawarkan untuk kendaraan roda dua atau motor terlebih dahulu sudah populer digunakan sebagai bentuk perlindungan untuk kendaraan roda empat atau mobil.

Banyak sekali pilihan ragam atau jenisnya di pasaran dan bisa dibeli secara mudah, sistem parkir di Indonesia memang tidak semuanya sudah dilengkapi dengan adanya kamera pengawas atau CCTV, kebanyakan diantaranya cukup mengandalkan parkir liar yang dijaga oleh para preman, tentunya tidak bisa menjamin keamanan dari kendaraan yang Anda miliki tersebut bukan. Sebagai upaya pencegahan terjadinya tindak pencurian ini, maka tidak cukup hanya dengan mengunci setir saja.

Sekarang ini banyak pencuri handal yang menggunakan kunci duplikat yang bisa dipakai pada motor tersebut. Untuk itulah paling tidak motor harus dilengkapi dengan sistem pengaman tambahan, salah satu diantaranya adalah alarm motor ini yang banyak dijual di pasaran. Sebenarnya ada banyak sekali manfaat yang ditawarkan dengan menggunakan alat tersebut, jenis-jenisnya juga beragam, diantaranya adalah:

  1. Anti pencurian engine killer, sistemnya adalah dengan menggunakan engine killer, ketika pengguna kendaraan bermotor memarkirkan di tempat yang kurang aman, seperti diantaranya adalah parkir sembarangan dengan menggunakan jasa seorang jukir sudah pasti resiko kehilangan sangat tinggi, apalagi dengan hanya berbekal uang parkir sebesar 2 ribu rupiah saja. Sistem pengaman yang satu ini sudah mengaplikasikan engine killer yang secara langsung akan mengeluarkan suara atau sirine tanpa bahaya. Dengan demikian maka mesin motor tidak akan bisa hidup sebelum nantinya sirine berhenti. Sampai kapanpun akan bisa dengan mudah diketahui bahwa motor tersebut dicuri.
  2. Mencegah kemalingan dengan menggunakan sensor getaran, cara kerja yang lainnya adalah dengan memakai sensor getaran, produk yang satu ini nyatanya juga sangat populer di kalangan pengguna kendaraan bermotor, dimana nantinya ketika ada getaran kecil sampai 3 kali pada kendaraan akan secara langsung mengaktifkan sirine atau alarm yang menghasilkan suara yang nyaring.
  3. Menggunakan cara kerja remote engine stop, cara yang satu ini dikontrol menggunakan sebuah remote jarak jauh, dimana ketika kendaraan akan dibawa kabur dan sudah berhasil dijalankan, namun dengan adanya sensor jarak jauh ini maka memungkinkan mesin dimatikan dalam jangka waktu 10 detik secara otomatis dari jarak jauh.
  4. Sistem keamanan anti hijack, cara kerja yang satu ini juga sangat populer, bahkan beberapa produsen kendaraan sudah mulai mengaplikasikannya pada produk buatan mereka. Dimana nantinya Anda akan diberikan satu buah remote dengan 3 buah tombol, cukup dengan memahami fungsi dari masing-masing atau 3 buah tombol tersebut saja ketika akan menggunakannya.

Banyak fitur unggulan yang ditawarkan sebagai langkah pengamanan untuk kendaraan Anda. Jangan sepelekan hal ini, selain untuk menghindari kerugian juga bisa dipakai untuk mencegah hal yang sama terjadi pada orang lain karena pencuri yang masih terus berkeliaran. Alarm motor ini banyak dijual di pasaran dengan harga yang terjangkau, keluarkan sedikit uang untuk dapatkan manfaat lebih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *