Simak 4 Tips Ini Supaya Tidak Salah Pilih Tali Pancing

Senar atau tali pancing  kadang juga disebut sebagai kenur memiliki peran penting dalam kegiatan memancing. Maka tidak sedikit penikmat hobi memancing mencoba menentukan pilihan secara teliti, sehingga mendapatkan senar yang pas dengan kebutuhan. Meningkatkan kenyamanan selama memancing memang tidak luput dari penggunaan perlengkapan yang berkualitas. Kalau pancing Anda sudah bagus namun salah dalam memilih senar maka dijamin hasilnya tidak akan memuaskan, maka jangan asal ada senar saja.

Biasanya penikmat hobi memancing yang sudah kaya pengalaman paham betul bagaimana menemukan senar yang berkualitas. Akan tetapi akan sebaliknya bagi mereka yang masih di tingkat pemula sehingga kadang lebih sering melakukan kesalahan. Bagi beberapa orang harga senar pancing ini tidak seberapa sehingga tidak menjadi masalah kalau melakukan kekeliruan. Namun bagaimana kalau Anda memiliki isi kantong yang terbatas? Sudah tentu sejak awal perlu belajar memilih senar dengan benar baik di toko online maupun konvensional.

Tips Dalam Memilih Senar Pancing

Memancing sekilas terlihat sebagai kegiatan yang sia-sia dan membuang waktu namun kalau mau jujur maka akan menikmati prosesnya. Supaya semakin banyak memetik manfaat atas kegiatan ini maka jangan salah dalam memilih senar, dan berikut tips yang bisa diperhatikan:

  • Disesuaikan dengan alat pancing yang dipakai,

Mendapatkan senar yang bagus rupanya perlu disesuaikan dengan alat pancing yang dimiliki jadi jangan asal beli. Biasanya diameter senar perlu disesuaikan dengan kekuatan material alat pancing yang dimiliki. Semakin tipis maka semakin lentur namun juga harus kuat untuk menahan strike.

  • Mengecek jenis material senar,

Secara umum material yang digunakan untuk pembuatan tali pancing adalah dari bahan sintetis, misalnya nilon, serabut benang, dan lain sebagainya. Masing-masing material ini punya ciri khasnya sendiri sehingga ada kelebihan maupun kekurangan. Kebanyakan penikmat kegiatan memancing memilih senar yang dibuat dari dua jenis bahan yang dikombinasikan. Perpaduan yang tepat akan membentuk senar yang kuat namun juga lentur sehingga nyaman dipakai menangkap ikan agresif.

  • Memperhatikan tingkat ketebalan senar,

Setiap senar yang dijual di toko alat pancing baik di situs belanja online maupun konvensional akan memiliki tingkat ketebalan yang berbeda. Nantinya perlu menentukan pilihan dengan cermat untuk memastikan bahwa ketebalan yang diambil sesuai dengan kebutuhan. Senar yang tebal lebih cocok dipergunakan untuk tempat memancing yang bergerak, misal di sungai deras atau laut berombak. Sementara senar tipis untuk air yang lebih tenang cenderung diam.

  • Teliti dalam menentukan merek,

Kalau melihat pilihan senar di pasaran maka dijamin akan menjumpai beberapa merek, sehingga perlu diperhatikan dengan seksama. Merek yang sudah terkenal tentu memiliki mutu yang lebih baik karena pihak mereka tidak akan sembarangan dalam memilih bahan baku. Sementara merek baru dan reputasinya belum terbentuk masih diraba-raba bagaimana kualitasnya. Kalau mau yang pasti maka merek terkemuka bisa dipilih namun pastikan reputasinya juga baik.

Senar adalah modal untuk menjadikan alat pancing berfungsi dengan benar, sebab tanpanya alat pancing tersebut nihil bisa digunakan. Cermat dalam memilih senar akan membantu mendapatkan kegiatan memancing yang menyenangkan. Yakni ikan didapatkan, berkualitas, dan tidak perlu menunggu waktu terlalu lama. Sesuaikan pilihan senar dengan alat pancing, lokasi memancing, dan jenis ikan yang ditangkap supaya hasilnya memuaskan. Kalau sudah paham maka dijamin tali pancing yang dimiliki benar-benar berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *