Tidak Selamanya Cokelat Berdampak Negatif, Ada  yang Menyehatkan Tubuh (Cokelat Hitam/ Dark Chocolate)

 

Cokelat merupakan makanan yang paling digemari oleh masyarakat terutama kelompok umur remaja. Berbagai jenis cokelat beredar di pasaran, seperti white chocolate (cokelat putih), dark chocolate (coklat hitam), serta cokelat susu (milk chocolate). Dari ke 3 jenis ini khasiat terbaik atau yang paling bermanfaat untuk tubuh ialah coklat hitam (dark chocolate), berikut 3 manfaat mengkonsumsi dark chocolate (coklat hitam), antara lain:

  1. Kaya antioksidan

Dark chocolate kaya akan zat antioksidan seperti katekin, flavanol, dan polifenol. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa kandungan antioksidan pada dark chocolate lebih tinggi dibandingkan dengan acai berry maupun blueberry. Pentingnya antioksidan ialah dapat berguna dalam menangkal radikal bebas penyebab timbulnya berbagai penyakit seperti kanker, inflamasi/ radang,  katarak, penurunan fungsi ginjal, dan lain sebagainya. Sebenarnya tubuh dapat menghasilkan antioksidan sendiri. Berhubung kita sering kali terpapar dengan radikal bebas seperti asap rokok, asap kendaraan, dan polutan lainnya, sedangkan tubuh tidak disupport dengan konsumsi makanan yang mengandung antioksidan, maka jumlah antioksidan yang dihasilkan tubuh tidak cukup untuk menetralisir banyaknya radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.  Sehingga tubuh perlu tambahan konsumsi makanan yang kaya kandungan antioksidan. Selain itu antioksidan juga dapat mecegah penuaan dini sehingga awet muda loh.J

  1. Membuat bahagia seseorang

Ternyata cokelat dapat membuat seseorang merasa lebih bahagia, hal ini diperkuat dengan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Psychopharmacology yang menunjukkan bahwa minum minuman cokelat yang kaya polifenol sekali dalam sehari (±1,5 ons dark chocolate) dapat membuat diri lebih tenang dan lebih banyak konten dibanding yang tidak mengkonsumsi. dark chocolate juga mengandung phenethylamine. Zat ini dapat menghasilkan hormon endofrin yang merupakan hormon pembuat seseorang merasa bahagia.

  1. Menurunkan tekanan darah

Hasil penelitian yang diterbitkan pada jurnal jama network menunjukkan bahwa konsumsi satu batang cokelat hitam pahit selama 18 minggu berturut-turut dapat menormalkan tekanan darah (hipertensi) sebesar 18%. Selain itu kandungan flavonolnya jika masuk ke dalam tubuh akan mengaktifkan gen untuk memproduksi nitrit oksida sehingga menyebabkan pelebaran pembuluh darah, aliran darah menjadi lancar dan hipertensi dapat teratasi.

Nah dari penjelasan diatas banyak sekali manfaat dark chocolate terutama untuk menjaga kesehatan tubuh. Bagaimana mau mencoba ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *